Jumat, 05 Desember 2008

Panti Asuhan tempat penyelamatan generasi

Mendengar istilah panti asuhan, banyak persepsi yang muncul dalam pikiran setiap orang sesuai dengan pengalaman, pemahaman dan pengetahuan tentang panti asuhan. Terlepas dari semua persepsi orang-orang tentang panti asuhan, kita harus menyadari bahwa panti asuhan sudah menyumbang banyak untuk penyelamatan anak bangsa.

Sebuah cerita yang memilukan, seorang bayi ditinggal oleh ibunya di rumah sakit. Pihak rumah sakit menyerahkan bayi tersebut ke Panti Bayi Sehat Muhammadiyah di Jalan Purnawarman Kota Bandung, disebelah UNISBA. Pihak panti tidak boleh menolak jika ada bayi yang diserahkan ke panti tersebut untuk di asuh, karena panti bayi sehat didirikan untuk menampung bayi yang terlantar.

Lewat di depan panti, orang tidak akan mengetahui bahwa ada belasan sampai puluhan bayi di gedung belakang lantai 3. Bayi di taroh dalam box dan didampingi oleh para perawat yang bekerja di panti.

Suasana yang mengharukan dan membuat bulu roma berdiri melihat begitu banyaknya bayi di panti tersebut dan sesekali terdengar tangisan dan ocehan para bayi. Tatapan matanya penuh harapan kepada setiap orang yang datang berkunjung ke tempatnya.

Berbagai pertanyaan muncul dalam benak kita....
Siapa orang tua bayi tersebut...
Mengapa anaknya dibuang atau ditinggal...
Apa sekarang yang sedang mereka lakukan...
Apakah mereka tega meninggalkan darah dagingnya begitu saja...
Apakah mereka tidak mampu lagi mengasuh sang bayi...
Atau hanya karena ingin menutupi aibnya atau karena egois ingin kenikmatan tapi lari dari tanggung jawab...

Banyak pertanyaan yang berseliweran dalam pikiran kita jika menyaksikan bayi-bayi di panti bayi sehat Muhammadiyah Jalan Purnawarman kota Bandung tersebut.

Mudah-mudahan Pak Yanto sebagai kepala panti dan seluruh pengurus serta pengasuh diberi kekuatan oleh Allah untuk tetap sabar dan kuat menjalani tugas dunia akhirat yang maha berat tersebut.

Salam hormat dari
FORPAMA
Forum Panti Sosial Muhammadiyah-Aisyiyah
Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Sekretariat
Gedung Dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Jl. Menteng Raya 62 Jakarta Pusat
021-3923271

Tidak ada komentar: